Visiting Lecture Part I

Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) melakukan “Visiting Lecture” ke Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia secara daring dari Kampus FMIPA UNIMUS, Jumat sore (11/9/2020). Dosen yang menyampaikan materi diantaranya dari Prodi Statistika, Dr. Rochdi  Wasono, M.Si dan Tiani Wahyu Utami, M.Si serta Dosen Prodi Pendidikan Matematika, Iswahyudi joko S, M.Pd. Ketiga dosen tersebut menyampaikan materi mata kuliah “Confusional Probability and Bayes Theoreselama dua jam lebih kepada mahasiswa semester 5 Fakultas Sains dan Matematika UPSI dengan moderator Dr Foo Chuan Hui (dosen Fakultas Sains dan Matematika/FSM UPSI).

D:\Downloads\WhatsApp-Image-2020-09-11-at-16.25.32-1024x678.jpeg

Kegiatan diawali dengan sambutan Dekan FMIPA Unimus, Ibu Dr. Eny Winaryati M.Pd. Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNIMUS menyampaikan Visiting Lecture tersebut merupakan kali kedua diadakan FMIPA Unimus (Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Kimia, dan Prodi Statistika).  Sebelumnya, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Matematika melakukan Visiting Lecture dan kali ini Visiting Lecture oleh prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Statistika. Selain itu juga Dekan FMIPA UNIMUS menyampaikan “Beberapa hari ke depan gantian dosen UPSI, Dr. Foo Chuan Hui dari UPSI akan mengajar mahasiswa FMIPA UNIMUS. Ke depannya, para pengajar FMIPA Unimus dan FSM UPSI menjadi tim teaching untuk mengajar silang di kedua universitas” ujar Dr Eny Winaryati MPd.

D:\Downloads\WhatsApp-Image-2020-09-11-at-16.25.32-3-1024x678.jpeg

Selain itu menurut Dekan FMIPA UNIMUS rangkaian kegiatan visiting kecture merupakan keberlanjutan hasil silaturahmi  FMIPA ke UPSI Malaysia pada (20/02/2020) lalu dan langsung dilanjutkan dengan berbagai kegiatan. Banyak hasil dari kegiatan ini di antaranya menghasilkan tim teaching dua universitas Unimus dan UPSI Malaysia dalam bidang Sains, menghasilkan kesamaan wawasan dan pemahaman tentang materi dimana baik UPSI maupun UNIMUS sama sama mengkaji, mengevaluasi, dan merefleksi kembali kegiatan. Sementara itu tujuan Visiting Lecture selain silaturahmi dua perguruan tinggi beda negara, juga mencapai kesamaan wawasan, pemahaman terkait pembelajaran.

Lebih lanjut menurut Dr Eny Winaryati MPd, kegiatan visiting lecture menjadikan terbentuknya collaboration teaching yang bermafaat untuk kedua belah ihak. Saat ini FMIPA Unimus dan FSM UPSI sedang mulai menggagas terkait rencana short course student exchange kedua universitas.