Meningkatkan Pemahaman Riset, Membuka Peluang Kerjasama

Kuliah Pakar S1 Statistika Unimus
Kuliah Pakar S1 Statistika Unimus

Prodi S1 Statistika Fakultas Matematika & IPA Universitas Muhammadiyah Semarang (FMIPA UNIMUS), Selasa (14/5) menggelar Kuliah Umum bertajuk “Peranan Statistika dalam Survey” di Gedung NRC UNIMUS, Tembalang, Semarang. Kuliah Umum tersebut menghadirkan Dr. Ni Wayan Suriastini, M.Phil (Direktur SurveyMETER) sebagai pembicara, dan diikuti oleh mayoritas mahasiswa Prodi S1 Statistika FMIPA UNIMUS serta perwakilan mahasiswa dari seluruh prodi di UNIMUS.
Riset atau penelitian merupakan suatu proses investigasi yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merivisi fakta-fakta (Wikipedia Indonesia). Manusia tidak akan pernah terlepas dari riset, karena manusia selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu dan mengembangkan pengetahuan. Terlebih bagi kalangan akademis yang masuk dalam lingkaran aktivitas ilmiah. Prodi S1 Statistika FMIPA UNIMUS sangat menyadari kebutuhan tersebut. Untuk itu peningkatan pemahaman terhadap riset merupakan satu hal yang penting. Dan untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa agar terus-menerus memahami riset, maka diadakan Kuliah Umum “Peranan Statistika dalam Survey”

Sminar Statistika Unimus
Sminar Statistika Unimus

Dalam pemaparannya Dr Ni Wayan Suriastini, M.Phil menjelaskan bahwa dalam kegiatan riset, statistika mencakup perencanaan, pengumpulan, pendataan, interpretasi, dan kesimpulan. Dalam cakupannya tersebut, statistika mengawal 4 hal; Pertama, validitas atau penggunaan alat ukur yang tepat. Kedua, reabilitas atau ketelitian teknik pengukuran. Ketiga, integritas atau meminimalisir bias dan manipulasi. Keempat, akurasi dan kecermatan.
Tidak hanya itu, Direktur Survey METER tersebut juga menjelaskan cakupan-cakupan statistika dalam kegiatan riset secara mendetail. Serta memaparkan beberapa hasil penelitian yang dilakukan SurveyMETER seperti Isu Penuaan Penduduk Indonesia dan Strategi Bertahan Hidup Pasca Bom Bali. Sehingga peserta kuliah umum sangat antusias terhadap acara itu. Hal ini dapat dilihat saat sesi diskusi/tanya jawab yang begitu ramai.
Muh. Yamin, S.Si.,M.Si sebagai moderator menilai kuliah umum siang itu sangat bagus bagi civitas akademika dan dapat dilakukan follow-up dikemudian hari, contohnya menjalin kerjasama untuk peluang kerja. Dekan FMIPA, Drs. Rochdi Wasono, M.Si berharap kegiatan semacam ini rutin dilaksanakan oleh Prodi S1 Statistika FMIPA UNIMUS agar bisa meningkatkan wawasan mahasiswa dan melihat peluang kerja lain. (-Ahsin Istighfari)