UNIMUS Meningkat Tajam pada Peringkat Smart Campus Berbasis Teknologi Informasi (TeSCa)

tesca-logoSemarang | Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menempati peringkat 32 pada pemeringkatan TeSCa 2014 (dari 565 Perguruan Tinggi di Indonesia). Posisi UNIMUS meningkat tajam dari tahun lalu yang berada pada posisi 66.

Kegiatan pemeringkatan ini dilaksanakan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud, yang bekerjasama dengan Tempo, Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM), Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (DETIKNAS), dan Telkom Indonesia.

Disampaikan bahwa TeSCA merupakan pengukuran indeks, pemeringkatan dan sekaligus pemetaan perguruan tinggi yang melaksanakan atau memanfaatkan TIK dalam kegiatan pendidikan di lingkungan kampus. TeSCA dimulai sejak tahun 2008 dan sampai 2010 konsep TeSCA berupa pemberian penghargaan (awarding) bagi perguruan tinggi terbaik dalam pelaksanaan TIK di kampusnya. Sejak 2011 dan sekarang TeSCA 2014, program ini lebih diarahkan pada pemeringkatan perguruan tinggi yang telah melakukan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Metode perhitungan indeks TIK dan pemeringkatan perguruan tinggi pada TeSCA 2014 yang digunakan didasarkan mada metode ZEN Smart Campus yang tersusun atas 10 domain, antara lain: (1) Suprastruktur Kampus, (2) Infrastruktur Teknologi, (3) Profil Pemangku Kepentingan, (4) Ragam Pemanfaatan Aplikasi, (5) Strategi Pendidikan Nasional, (6) Dampak dan Manfaat Penerapan Teknologi, (7) Komunitas Eksternal, (8) Riset (Penelitian & Pengembangan), (9) e-Green (TIK Ramah Lingkungan), dan (10) Inovasi (Pendidikan).