FMIPA Unimus Gelar Seminar Nasional Edusaintek 2018

Semarang | Sabtu (06/10/2018) bertempat di Aula RSGM Unimus, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unimus menyelenggarakan Seminar Nasional The 2nd Edusaintek (Pendidikan, Sains, dan Teknologi). Menghadirkan empat keynote speaker yakni Dr. rer.nat Asep Supriyatna, M.Si (Pakar Lesson Study), Dr. Andri Johandri (Pakar Big Data dan Data Science), Afif Zunaidi (Manager IT Telkomsel Regional Jateng dan DIY), serta Dr. Eny Winaryati, M.Pd (Dekan FMIPA Unimus – Pakar Penelitian dan Evaluasi Pendidikan), seminar ini mengusung tema “Implementasi Lesson Study Berbasis ICT Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Adapun bidang kajian pada seminar adalah bidang MIPA, Pendidikan, Humaniora dan Agama, Bidang Sosial Ekonomi dan Psikolog, Bidang Teknik dan Rekayasa, serta Kesehatan.

 

 

Hadir untuk memberikan sambutan, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang. Dalam sambutannya, Prof. Masrukhi menyampaikan bahwa di era disrupsi saat ini betapa pentingnya Blended Learning. Blended Learning, bisa juga disebut dengan Hybrid Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang mengkombinasikan metode pembelajaran tatap muka dengan online learning. Tidak hanya anak didik saja yang mengikuti era disrupsi ini, namun guru, dosen, ataupun pengajar juga harus beradabtasi pula. “Banyak perubahan dan kemajuan yang berkembang sangat pesat. Pengajar masa kini akan lebih banyak dikritisi oleh anak didiknya. Karena ketika kita bicara, mereka bisa mencari atau melacaknya langsung di internet, “paparnya.

 

 

Rektor Unimus juga menjelaskan bahwa seorang pengajar sangat harus bisa memainkan peran. Tidak hanya transfer of knowledge saja, namun juga sebagai stimulator. “Betapa pun kemajuan Big Data di era modern saat ini, peran guru, dosen, atau pengajar lainnya tidak akan bisa tergantikan. Karena peran pengajar itu sesungguhnya tidak hanya transfer of knowledge saja namun transfer of value dan spirit of science education,” imbuhnya.

 

 

Peseta sejumlah 368 terdiri dari 249 pemakalah oral, 89 peserta seminar, dan 30 peserta lomba penulisan ilmiah based pratice yang berasal dari berbagai institusi di Nusantara. Adapun tujuan dari diselenggarakannya seminar menurut Abdul Azis, M.Pd selaku Ketua Panitia adalah bagaimana cara kita untuk mengcreate metode pembelajaran di abad 21 agar guru, dosen atau pengajar dan peserta didik “melek” teknologi. Kegiatan seminar ditutup dengan pengumuman juara lomba penulisan ilmiah based prastice bagi guru sekolah.

FMIPA Unimus Adakan Kuliah Umum Peningkatan Kreatifitas Mahasiwa

Foto Para Narasumber

Semarang | Generasi muda merupakan tolak ukur  harapan suatu negara, karena terbentuknya negara tidaklah lepas dari peran pemuda. Untuk menjadi pemuda yang luar biasa melalui proses yang tidaklah mudah, jelas Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Dr. Eny Winaryati, M.Pd  dalam acara Kuliah Umum  pada Kamis (12/09/2018). ”Di era sekarang ini menjadi pemuda yang luar biasa dapat diwujudkan dengan cara menjadi pemuda yang kreatif dan cerdas,” ungkap Eny. Upaya menghasilkan mahasiswa yang kreatif dan cerdas, diwujudkan dalam Kuliah Umum Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa dengan tema “Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Menghadapi Percepatan Sainstech” yang digelar oleh Fakultas MIPA Unimus di Aula Rumah Sakit Gigi mulut Unimus. Acara juga dihadiri seluruh mahasiwa, dosen, dan tenaga kependidikan Fakultas MIPA Unimus.

 

Paparan Dosen tentang Kratifitas Mahasiswa

 

Ditambahkan oleh Dekan FMIPA bahwa untuk menjadi pribadi yang lebih baik, luar biasa dan dapat menjadi harapan bagi bangsa, pemuda harus memiliki jiwa kreatif, tangguh, daya saing tinggi dengan sesamanya. “Upaya dapat dilakukan dengan menjadi mahasiwa aktif di berbagai kegiatan yang ada di universitas seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan kegiatan positif lain yang tidak melanggar syariat agama dan kemuhammadiyahan” tandas Eny.

Mahasiswa juga di ajak berdiskusi tentang berbagai upaya kreatif yang dapat dilakukan untuk menjadi berprestasi dan memberikan kemanfaatan pada ummat melalui pengerjaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).  Hadir membahas kiat sukses mengerjakan PKM dan lolos PIMNAS adalah Hendy Alumni UNY yang pernah menjuarai PIMNAS dan selalu mendapatkan Hibah PKM setiap tahun selama menjadi mahasiswa. Pada kesempatan tersebut, Eko Yulianto, M.Si pembina PKM yang sukses mengantarkan tim mahasiswa menuju PIMNAS ke-31 di Yogyakarta, turut membagi ilmu dan motivasi kepada peserta Kuliah Umum. Peserta Kuliah Umum juga memperoleh paparan dari Ka. UPT Perpustakaan Unimus, M. Firdaus CN, S.Hum yang berbagi informasi tentang perpustakaan dan literasi.

 

Paparan salah satu mahasiswa peraih PKM

 

Reportase UPT Humas dan Protokoler

FMIPA Unimus Lepas 16 Wisudawan

Semarang | (23/05/2018), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unimus mengadakan pelepasan wisudawan bertempat di Kampus 2 Unimus Jl. Kedungmundu Raya No 22 Semarang. Prosesi acara dipimpin oleh Dekan FMIPA (Dr. Eny Winaryati, M.Pd.). Acara ini dihadiri oleh wisudawan sebanyak 16 lulusan yang terdiri dari 11 lulusan Program Studi Statistik, 3 lulusan Program Studi Pendidikan Kimia, dan 2 lulusan Program Studi Pendidikan Matematika.

Senat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Senat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Dalam acara tersebut terpilih 1 wisudawan terbaik dan 5 wisudawan dengan predikat Cumlaude. Wisudawan terbaik diraih oleh Lia Miftakhul Janah, S.Stat dari Program Studi Statistika dengan IPK 3.92. Wisudawan dengan predikat Cumlaude antara lain : Amelia Fahmi, S.Pd dari Program Studi Pendidikan Kimia dengan IPK 3.91, Devi Sumayya Sara, S.Stat dari Program Studi Statistika dengan IPK 3.88, Prichilia Putu Makarti, S.Stat dari Program Studi Statistika dengan IPK 3.71, Atika Sis Rahmawati, S.Pd dari Program Studi Pendidikan Kimia dengan IPK 3.69, dan Endah Suryaning Utami, S.Stat dari Program Studi Statistika dengan IPK 3.62. Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan penyerahan transkrip nilai oleh Ketua Program Studi.

Pemberian Ucapan Selamat dan Penyerahan Transkrip Nilai

Pemberian Ucapan Selamat dan Penyerahan Transkrip Nilai

Salah satu perwakilan dari wisudawan, dalam hal ini diwakili oleh Lia Miftakhul Janah, S.Stat menyampaikan ucapan terima kasih dan kesan selama menjalani masa studi di Unimus. Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran pimpinan, dosen, dan karyawan yang ada di Unimus yang telah memberikan ilmu, fasilitas, serta melayani para mahasiswa dengan sangat baik sehingga para mahasiswa nyaman dalam proses pembelajaran. Selain itu ia juga menyampaikan pesan kepada rekan-rekan wisudawan bahwa ini bukanlan akhir, melainkan awal dari perjuangan untuk memberikan kontribusi nyata bagi dunia kerja dan masyarakat. Pada akhir ucapannya, ia memberikan kutipan untuk memberikan semangat dan motivasi bagi rekan-rekannya, sebagai berikut :

Orang yang hidup untuk dirinya sendiri akan hidup dan mati sebagai orang kerdil, sedangkan orang yang hidup bagi orang lain akan hidup dan mati sebagai orang besar

PenyampaianUcapan terima kasih oleh Perwakilan Wisudawan

Penyampaian Ucapan terima kasih oleh Perwakilan Wisudawan

Dekan FMIPA Unimus Dr. Eny Winaryati, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah menuntaskan studinya di Unimus. Dalam sambutannya beliau berpesan bahwa setelah lulus akan banyak proses dan rintangan yang akan dilalui, terus belajar dan dekatkan diri kepada Allah SWT agar selalu diberikan kelancaran dan kemudahan. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa keberhasilan terdiri dari 2 yaitu ikhtiar dan doa. Kerjakan apa yang menjadi minat dan bakat dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk berdoa dan meminta restu kepada kedua orang tua.

Sambutan dan Pesan oleh Dekan kepada Wisudawan

Sambutan dan Pesan oleh Dekan kepada Wisudawan

Acara ditutup dengan foto bersama wisudawan, setelah itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama didahului dengan Tausiyah Romadhon yang disampaikan oleh Ustad Bpk Wahyu Widarto, ST untuk merekatkan kekeluargaan dan silaturahmi antara wisudawan, dosen, dan karyawan di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang.

Foto Bersama Wisudawan dengan Senat

Foto Bersama Wisudawan dengan Senat

PELATIHAN ANALISIS DATA 2017

PAD 2017_170328_0123DCIM102GOPROGOPR0472.DCIM102GOPROGOPR0221.IMG20170326145103Semarang ,Baru saja terselenggarakan Pelatihan Analisis Data 2017 yang dilaksanakan sebagai event dari Himpunan Mahasiswa Statistika UNIMUS yang bekerja sama dengan Prodi S1.Statistika Unimus itu sendiri. Acara dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Maret 2017 di ruang Lab Terpadu Rusunawa Putri.

Dengan diikuti oleh beberapa peserta dari UNIMUS,  dan dari universitas lainnya.
Meskipun sempat hujan deras seharian,  antusias peserta sangatlah tinggi dalam mengikuti acara tersebut sampai di penghujung acara. Dan tujuan di adakan Pelatihan Analisis Data adalah untuk memberikan sedikit dari ilmu statistika yang biasanya ilmu statistika ini dipergunakan dalam menyusun sebuah skripsi. Besar harapan kami selaku penyelenggara semoga ilmu yang sedikit banyak dari Pelatihan Analisis Data tersebut dapat membantu teman-teman dan dapat bermanfaat bagi masyarakat umum.

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2015

wirausahaKementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengembangkan berbagai kebijakan dan program untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan demi terciptanya lulusan perguruan tinggi yang lebih siap bekerja dan menciptakan lapangan pekerjaan, yaitu dengan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Cooperative Education (Co-op) dan KKU.

Berikut link informasi, pedoman dan panduan yang berkaitan dengan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2015

Pedoman PMW || Panduan PKM

LOMBA KARYA ILMIAH ANTAR PERGURUAN TINGGI “BANK INDONESIA CAMPUS KNOWLEDGE COMPETITION 2015″

logo-dikti

 

Sehubungan dengan peningkatan kerja sama antara Bank Indonesia dan para stakeholder, Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah “Bank Indonesia Campus Knowledge Competition 2015″. Lomba ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemitraan strategis antara Bank Indonesia dan stakeholder, dalam hal monitoring kebijakan yang dihasilkan oleh Bank Indonesia.

Lomba BI-CKC 2015 dilaksanakan pada 2 Maret s.d. 30 Juni 2015, dengan tema penulisan “Inovasi dan Implementasi Sistem Pembayaran yang Efektif dan Efisien untuk Mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)“. Peserta lomba adalah masyarakat umum dan/atau Dosen dan/atau Mahasiswa (dapat perseorangan atau kelompok). Adapun keterangan lengkap mengenai persyaratan lomba dapat dilihat di laman Bank Indonesia (http://www.bi.go.id) atau tautan di bawah ini.

TOR Bank Indonesia Campus Knowledge Competition 2015

PENERIMAAN CALON PEGAWAI PT JASA RAHARJA TAHUN 2015

jasa-raharja

PT. JASA RAHARJA membuka kesempatan bagi putra putri Indonesia untuk menjadi Pegawai PT. Jasa Raharja, bagi yang memenuhi persyaratan harap melakukan pendaftaran, dengan ketentuan sebagai berikut :

Persyaratan berkas lamaran :
Pendidikan minimal S1 (Strata 1), diutamakan jurusan :

Akuntansi, Aktuaria, Asuransi, Keuangan, Hukum, Manajemen Resiko, IT, Manajemen Ekonomi, Matematika/MIPA, Teknik Industri
IPK :

– PTN minimal 2,75
– PTS minimal 3,00
– Berasal dari PTN/PTS berkualifikasi baik.
– Usia maksimal : 27 tahun ( max ultah ke 27 pada tanggal 17 Maret 2015)
– Tinggi Badan : Wanita min 155 cm, Laki-laki min 165 cm
– Belum Menikah (dibuktikan dengan KTP dan Surat Pernyataan Belum Menikah pada saat proses rekrutmen dan Seleksi, ttd pada materai)
– Tidak Memiliki Saudara Kandung yang bekerja di PT. Jasa Raharja (dibuktikan dengan Surat Pernyataan, ttd pada Materai)
– Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah Indonesia (dinyatakan pada Surat Pernyataan, ttd pada materai).

Pelaksanaan tes dilakukan di Jakarta dan atas biaya sendiri.

Pendaftaran on-line melalui : www.lmfeui.com/jasaraharja atau www.lmfeui.com

Pendaftaran paling lambat Tanggal 17 Maret 2015

Hasil Pendaftaran Akan diumumkan Tanggal 23 Maret 2015 pukul 18.00 Wib

Statistika Unimus Adakan Pelatihan Analisis Data SPSS untuk Masyarakat Umum secara Gratis

Semarang | 14 Maret, Program Studi S1 Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan kegiatan Pelatihan Analisis Data menggunakan SPSS untuk Masyarakat Umum secara Gratis. Materi pelatihan ini terdiri dari Uji Hipotesis, Anova, Analisis Regresi dan Asumsi Klasik dalam Analisis Regresi.

IMG_20150314_095346IMG_20150314_095325 IMG_20150303_085257 IMG_20150303_085243 IMG_20150314_095831 IMG_20150314_095820 IMG_20150314_095408

Kegiatan pelatihan ini diikuti dari berbagai profesi mulai dari Mahasiswa PTN-PTS, Staf Administrasi Universitas, Guru, Staf Perusahaan Ekspor-Impor, sampai PNS-Balai Bahasa.

Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menganalisis suatu fenomena menggunakan metode statistika dengan alat bantu SPSS.

KEDUBES AUSTRALIA AJAK UNIMUS UNTUK PROGRAM ENDEAVOUR SCHOLARSHIP

IMG-20150225-WA0000

Semarang | Kedungmundu, Rabu, 25 Februari 2015. Kantor Urusan International dan Kerjasama (KUIK) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), meyelenggarakan program beasiswa dan riset (EndeavourScholarships and Fellowships) dari Departement Education dan Training Australia mewakili atas Kedutaan Australia Ms. Ir.Claudina Milawati.MSc, dalam kunjungan kerjasama ke Universitas Muhammadiyah Semarang.  Dalam hal ini, program EndeavourScholarships and Fellowships bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan pada civitas academik Universitas Muhammadiyah Semarang.

Para peserta pada program acara tersebut, dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang, Prof. Dr. Djamaluddin Darwish, MA. Wakil Rektor I bidang Akademik, Dr. Nurrahman MSi. Wakil Rektor II Bidang Keuangan Ibu Dr. Hj. Sri Rejeki M.Kep, Sp. Mat. dan Wakil Rektro III bidang Kerjasama. Dr H Djoko Setyo Hartono SE MM SH, MKn dan  dalam moderator adalah bapak M. Yusuf. PhD. selaku kepala Kantor Urusan International Affair serta para dosen, pegawai dan mahasiswa semester akhir, dengan semangat dan antusias.

Beasiswa Endeavour dan Fellowships kompetitif secara internasional, berdasarkan diberikan oleh Pemerintah Australia yang mendukung warga Asia-Pasifik, Timur Tengah, Eropa dan Amerika untuk melakukan studi, program penelitian dan pengembangan profesional.

Beasiswa Endeavour dan Fellowships bertujuan untuk:

1. Mengembangkan berkelanjutan pendidikan, penelitian dan hubungan profesional antara individu, organisasi dan negara-negara

2. Meningkatkan keterampilan dan kesadaran global mencapai individu yang tinggi dari Australia dan luar negeri

3. Berkontribusi terhadap penyedia kualitas tinggi pendidikan dan pelatihan dan pemimpin dalam penelitian dan inovasi

4. Meningkatkan produktivitas melalui studi internasional, penelitian atau pengalaman pengembangan profesional.

Dengan adanya program beasiswa ini, Kerjasama Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) International semakin mendapatkan kepercayaan dari dunia  akademik berkelas International. Dan semakin meningkatkan bidang riset dan pengembangan. Pada tahun 2016 mencul generasi cendikawan muslim muda dan profesional yang dapat memberikan konstribusi ke Ilmuan pada Universitas Muhammadiyah Semarang. Ujar Bapak Rektor Prof. Dr. Djamaluddin Darwish. MA. @ Reportase : Mamdukh Budiman

OJK Buka Sayembara Penulisan Ilmiah Asuransi dan Dana Pensiun 2015

Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta, 20 Februari 2015: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memulai kegiatan Sayembara Penulisan Ilmiah atau Call for Papers di bidang asuransi dan dana pensiun dengan mengusung tema Meningkatkan Peran Statistik dan Aktuaria untuk Merevitalisasi Industri Asuransi dan Dana Pensiun. Saat membuka kegiatan ini di Jakarta, Jumat (20/2/2015), mengharapkan adanya ide-ide serta konsep-konsep baru untuk merevitalisasi industri asuransi dan dana pensiun yang masuk dalam Call for Papers ini.

posterlombacallforpaperiknb

Acara ini ditujukan untuk mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengetahui hal-hal terkait asuransi dan dana pensiun, mengharmonisasikan teori mengenai asuransi dan dana pensiun yang dipelajari di universitas, dengan praktik dalam industri. Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Firdaus Djaelani menambahkan, bahwa acara yang akan dilakukan secara rutin tiap tahun ini juga diharapkan bisa mendorong suksesnya program pembentukan 1000 Aktuaris, serta menjadi sebuah sarana inovasi dalam mengajak peran serta masyarakat umum, untuk mendorong percepatan perkembangan industri asuransi dan dana pensiun ke arah yang lebih baik.

Berdasarkan data statistik OJK, aset industri asuransi meningkat rata-rata sebesar 18,8% setiap tahunnya sejak 2009-2014, sementara pada posisi Desember 2014 (unaudited), total aset perusahaan asuransi mencapai Rp 755,4 triliun. Pada sektor dana pensiun, total aset bersih dana pensiun pada posisi Desember 2014 (Unaudited) mencapai Rp 186,3 triliun dengan pertumbuhan rata-rata aset dana pensiun sebesar 9,7% per tahunnya.

Namun demikian, industri asuransi dan dana pensiun Indonesia masih harus menjawab tantangan-tantangan ke depan, antara lain rendahnya penetrasi asuransi dan penetrasi dana pensiun, jumlah tenaga ahli yang masih terbatas, desain produk asuransi, dan dana pensiun yang mungkin belum dapat menjawab kebutuhan masyarakat, hingga tantangan mengenai defisit neraca pembayaran asuransi.

Para pelaku di industri asuransi dan dana pensiun, pemerintah, serta OJK melihat edukasi kepada masyarakat serta link and match antara kebutuhan industri dan lulusan perguruan tinggi, mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjawab tantangan-tantangan tersebut. Dalam aktivitas akademik, saat ini hanya terdapat beberapa universitas yang telah mengenalkan mata kuliah tentang IKNB khususnya, asuransi dan dana pensiun.

Call for Papers diselenggarakan mulai 20 Februari hingga 8 Agustus 2015. Target peserta acara ini adalah masyarakat umum, praktisi, peneliti, dosen, dan mahasiswa. Dewan juri yang berperan dalam acara ini terdiri dari lima orang yang mewakili akademisi, Persatuan Aktuaris Indonesia, dan praktisi/regulator. Sementara kriteria penilaian tediri dari empat indikator utama, yaitu orisinilitas inovasi, kejelasan ide, skala pemanfaatan, serta peluang aplikatif.

Syarat dan ketentuan: